Senin, 29 Oktober 2012

Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0


Visual merupakan pemrograman yang menggunakan konsep pemrograman “VISUAL”. Konsep “VISUAL” menawarkan begitu banyak kemudahan dalam merancang suatu program.
Microsoft Visual Basic diperkenalkan pertama kali oleh perusahaan pembuat perangkat lunak Microsoft Corporation mulai dengan versi 1.0 sampai kini dirilis Visual Basic versi 6.0.
Apa yang ditawarkan Microsoft sebagai pembuatnya cukup sederhana, menggunakan “wajah“ bahasa BASIC ke dalam konsep yang lebih modern, yaitu : berkonsep “Object Oriented Programing” atau pemrograman yang berorientasi pada object dan berbasiskan pada sistem operasi Windows’ 95 atau 98.
Susunan program Visual Basic amat mudah dipelajari. Untuk menyusun suatu aplikasi, hanya perlu tiga tahap yaitu :

a. Merancang Interface
Tahapan pertama ini adalah proses melibatkan unsur visual. Kita akan menata program kita, dengan unsur berupa kontrol yang dipasangkan pada form. Kontrol yang kita gunakan seperti Text Box dan Command Button.
b. Menentukan Properti
Setelah menyusun interface, selanjutnya kita menentukan properti masing-masing object yang kita gunakan sebagai elemen interface tersebut. Yang kita gunakan adalah windows properties. Windows properties terdiri dari beberapa elemen, antara lain :
1. Object Box
Menampilkan nama yang akan diatur propertinya. Klik tanda panah samping kanan object box untuk menampilkan daftar object untuk form yang sedang dipilih.
2. Sort Tabs
Adalah pilihan urutan daftar properti. Tersedia dua pilihan yaitu berdasarkan abjad nama depan properti dan berdasarkan kategori properti.
3. Properties List
Daftar properti terdiri atas dua kolom, kolom pertama menampung daftar nama properti dan kolom kanannya adalah daftar nilai properti.
4. Menulis Kode
Setelah menyelesaikan urutan visual, sekarang mulailah menuliskan kode agar program kita bisa melakukan fungsi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar