Senin, 10 September 2012

Hati-Hati, Lensa Kontak Bisa Sebabkan Kebutaan !!!

Bila kacamata dianggap sudah ketinggalan jaman, lensa kontak dapat menjadi solusi praktis yang juga fashionable. Saking ngetrendnya, kini lensa kontak bahkan tak harus dipakai oleh mereka yang mengalami problem penglihatan. Buktinya saja, sekarang banyak beredar lensa kontak fashion untuk mata normal.

Harga lensa kontak sangat beragam. Mulai dari 100 ribu rupiah saja Anda sudah bisa mendapatkan lensa kontak dengan aneka pilihan warna. Ada warna merah, hijau, abu-abu, hitam, kuning, cokelat hingga biru, semua bisa mengubah penampilan mata dalam sekejap. Tertarik mengenakan lensa kontak? Sebaiknya Anda membaca artikel berikut ini terlebih dahulu.

Adalah Jennie Hurst, 28, seorang wanita asal Southampton, yang mengalami kebutaan pada mata sebelah kiri akibat menggunakan lensa kontak saat sedang berenang. Umumnya, ia selalu melepas lensanya saat mandi, tidur dan berenang, namun kali ini ia lupa. Alhasil, mata kirinya mengalami infeksi. Bakteri yang ada di dalam air kolam, menempel di lensa kontak dan menyebabkan iritasi. Jennie tak menyadari bahaya ini, yang diingatnya saat itu, ia merasa seperti ada sesuatu yang mengganjal di matanya, dan ia mengabaikannya.

"Tiga hari kemudian, aku menyadari bahwa mata kiriku jadi sensitif terhadap cahaya. Aku juga merasa bahwa mataku iritasi, memerah dan sangat gatal," ungkap Jennie seperti dikutip dari dailymail.co.uk. Hari berikutnya Jennie mengalami sakit yang luar biasa sampai harus dibawa ke rumah sakit. Dokter yang memeriksanya meminta agar ia kembali minggu berikutnya. Ia terus melakukan pemeriksaan rutin sampai akhirnya tahu bahwa matanya mengalami infeksi dan tak bisa berfungsi lagi.

Sebenarnya, tak ada larangan kok untuk memakai lensa kontak. Selama perawatannya dan cara memakainya benar, lensa kontak dapat bermanfaat untuk Anda.

Ingin tetap memakai lensa kontak namun mata tetap sehat, ikuti beberapa tips dari Optik Melawai berikut ini:

1. Ikuti setiap instruksi yang ada di kotak lensa dan pada kemasan botol cairan pembersih.

2. Pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu saat memegang lensa, karena kuman sekecil apapun bisa sangat berbahaya bila menempel pada lensa.

3. Sebelum dan sesudah lensa kontak digunakan, bersihkan lensa menggunakan cairan khusus pembersih lensa. Caranya, teteskan 3-4 cairan pada telapak tangan, gosok dengan lembut selama kurang lebih 10 detik hingga kotoran pada lensa tersapu bersih. Saat menggosok lensa, pastikan tidak sampai terkena kuku agar lensa tidak mudah robek. Lakukan pada kedua sisi lensa, kemudian bilas dan rendam lensa dengan cairan pembersih selama 4-6 jam.

4. Perhatikan pula masa kadaluarsa cairan pembersih lensa kontak. Apabila sudah melewati batas tanggal kadaluarsanya, jangan digunakan.

5. Jika terjadi iritasi saat menggunakan lensa kontak, tetesi mata dengan obat tetes mata khusus bagi lensa kontak.

6. Ganti lensa kontak secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar