Senin, 10 September 2012

Perkembangan s.informasi

ABSTRAK

Sistem informasi yang ada dalam suatu organisasi yang berorientasi bisnis (perusahaan) sering dijadikan alat keunggulan dalam bersaing (competitive adeventage) dengan para kompetitor. Organisasi yang fokus dalam masalah ini sudah barang tentu akan terus meng-upgrade sistem informasinya agar terus selalu mutakhir sehingga tidak tertinggal dengan perkembangan teknologi informasi yang actual.


Kita maklum bahwa perkembangan teknologi sangat cepat terjadi terutama dalam bidang teknologi informasi, karena itu organisasi mau tidak mau harus senantiasa mengikuti dan mengadopsi teknologi terkini agar tidak tertinggal. Teknologi informasi yang terkini akan sangat memberikan dukungan yang signifikan terhadap kinerja (performance) sistem informasi yang dimiliki suatu organisasi. 


Pengembangan sistem informasi dalam suatu organisasi dapat dilakukan menggunakan pendekatan terstruktur, bisa juga menggunakan pendekatan alternatif seperti pengembangan yang dilakukan oleh pemakai sistem (end user development / end user computing). Ketepatan untuk memilih salah satu pendekatan di dalam pengembangan sistem akan bergantung pada kebutuhan serta dampak dari pengembangan sistem itu sendiri.

 

PENDAHULUAN 

Keputusan untuk melakukan pengembangan sistem informasi bisa dilakukan secara internal (insourcing) bisa juga dilakukan secara eksternal (outsourcing). Tentu saja ini harus dilihat berdasarkan dampak dari sistem informasi yang akan dikembangkan dalam suatu organisasi. Jika dampaknya sempit, yaitu hanya pada individu pemakai sistem yang sekaligus pemgembangan sistem itu saja, maka pengembangan dapat dilakukan oleh pemakai sistem yang sering dikenal dengan istilah End User Development (EUD) atau End User Computing (EUC) .


Pengembangan sistem oleh pemakai sistem (end user computing) merupakan suatu fenomena yang mulai terjadi terutama pada perusahaan – perusahaan yang menghadapai persaingan ketat. Artinya perusahaan dihadapkan pada kondisi persaingan yang cepat. Para pembuat keputusan (manajer) juga untuk bisa mengambil keputusan dengan cepat. Padahal masalah yang harus diambil dalam keputusannya adalah masalah – masalah yang sifatnya ad – hoc, yaitu masalah – masalah yang dapat muncul tiba – tiba dan tidak umum.

 

Uraian Pembahasan
- Keunggulan EUC/EUD 

Pengembangan sistem informasi yang dikembangkan oleh pemakai sistem merupakan fenomena dalam pengembangan suatu sistem informasi. Tentu saja ini hanya akan efektif jika dampak dari sistem yang dikembangkan dengan cara ini tidak luas atau konprehensif, maka dari itu kita harus mengetahui keunggulan dari EUC/EUD. Berikut beberapa kelebihannya :

1.Dapat menghindari permasalahan kemacetan di departement sistem informasi. Artinya dengan EUC, aplikasi yang dibuthkan akan dapat diselesaikan dengan lebih cepat karena dikembangkan sendiri oleh pemakai sestem.

2.Kebutuhan pemakai sistem dapat lebih terpenuhi karena dapat dikembangkan sendiri oleh pemakai, tentunya dalam hal ini pemakai akan lebih mengerti atau memahami kebutuhan informasi sendiri bila dibandingkan dengan dikembangkan oleh pihak lain.

3.Menambah atau meningkatkan partisifasi aktif pemakai dalam proses pengembangan sistemnya sehingga akan ada kepuasan sendiri dari pemakai sistem. 

4.Dapat menambah kualitas pemahaman pemakai terhadap aplikasi yang dikembangkan serta teknologi yang digunakan dalam sistem.


Dan berikut beberapa kelemahan dari EUC/EUD :

1.Karena pemakai sistem harus mengembangakan aplikasinya sendiri, maka dalam hal ini pemakai sekaligus pengembang sistem dituntut untuk memili pemahaman mengenai teknologi informasi (computer literacy) serta pemahaman tentang pengembangan sistem informasi. Dalam kenyataannya tidak semua pemakai (manajer) memiliki pemahaman yang dimaksud.

2.End User Computing memiliki resiko dapat mengganggu bahkan merusak sistem informasi di luar yang dikembangakan oleh pemakai sistem. Akibat dari ini misalnya saja dapat merusak data pada basis data perusahaan jika pemakai sistem melakukan operasi seperti update data yang salah.

3.End User Computing pasti akan berhadapan dengan masalah kemampuan teknis pemakai sekaligus pengembangan sistem. Maksudnya end user computing ini tidak akan efektif dan efisien jika pengembangannya adalah manajer tidak memahami dasar pemograman yang menjadi kunci utama dalam pengembangan sistem. Akan dibutuhkan waktu untuk memberikan pemahaman mengenai sistem yang akan dipakai.

 

Penerapan End User Computing


Dibutuhkan pemahaman mengenai teknologi sistem informasi oleh pengembang yang akan melakukan pengembangan sistem sendiri. Jadi tidak akan efektif jika pengembang sistem tidak memiliki pemahaman tentang teknologi sistem informasi yang cukup, karena hal ini dipaksakan sudah bisa dipastikan tidak akan berhasil. Pertanyaan yang krusial mengenai waktu kapan penerapan EUC ini bisa dilakukan harus dijadikan perimbangan yang benar – benar matang. Menurut Nolan’s stages paling tidak ada empat tahapan penting untuk dapat menentukan waktu yang tepat penerapan EUC ini, yaitu sebagai berikut :

1.Tahap inisiasi (Initiation)


yaitu tahap dimana organisasi(perusahaan) mulai pertama kali mengenal teknologi informasi. Memang secara umum perusahaan yang ada sudah melewati masa ini, meskipun masih ada juga beberapa yang perusahaan masih dalam proses tahapan inisiasi ini.

2.Tahap ketularan (contagion)


yaitu tahap dimana organisasi sudah mulai banyak yang menggunakan teknologi informasi meskipun ini dilakukan atau tidak terlalu mempertimbangkan untung ruginya dari penggunaan teknologi informasi ini. 

3.Tahap kendali


Pada tahap ini organisasi sudah mulai selektif dalam penggunaan teknologi informasi. Ada hal yang dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan penggunaan teknologi informasi seperti pertimbangan untung rugi (cost and benefit). Artinya bila ada individu atau suatu unit di dalam organisasi membutuhkan teknologi informasi, bagian pengadaaan tak akan melakukan evaluasi dulu, karena sudah mengetahui manfaat dari sistem yang akan dikembangkan.

4.Tahap matang (mature)


pada tahap ini organisasi menggunakan teknologi informasi tidak hanya mempertimbangkan keuntungan yang akan didapat serta berapa biaya yang harus dikeluarkan, bagaimana teknologi informasi yang digunakan dapat dijadikan sebagai alat keunggulan dalam bersaing.


Dalam ke empat tahapan di atas nolan menyarankan jika sebuah organisasi hendak menerapkan EUC / EUD adalah paling tidak sudah memasuki tahap kendali (control), karena dalam tahap ini organisasi dan manajer sudah dianggap memahami benar pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung kinerja organisasi. 

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar