BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Dalam
penulisan laporan praktikum ini, penulis akan memberikan beberapa pengertian
yang berhubungan dengan judul laporan, karena tanpa pengertian yang jelas akan
menyebabkan informasi yang disajikan tidak sesuai dengan hasil praktikum yang
dipaparkan.
Algoritma dan pemrograman merupakan ilmu yang sangat
esensial dalam membuat program. Dengan pemrograman itu sendiri, sebuah program bisa
disusun dibantu dengan algoritma. Algoritma membantu penyelesaian masalah yang
ingin dipecahkan untuk membuat sebuah program, kemudian program disusun oleh
programmer dengan mengcompile source code
menjadi sebuah program
yang dapat dieksekusi.
Algoritma dapat disusun dalam bentuk pseudo code maupun
flowchart. Pseudo code adalah Kode atau tanda yang menyerupai (pseudo) program
atau merupakan penjelasan cara menyelesaikan suatu masalah. Pseudo-code sering
digunakan oleh manusia untuk menuliskan algoritma. Sementara flowchart adalah
suatu teknik untuk menyusun rencana program yang telah dipergunakan oleh
kalangan programmer komputer sebelum algoritma menjadi populer. Flowchart
menggunakan simbol gambar yang menunjukkan aliran dari proses terhadap data.
Listing pemrograman tersebut
ditulis dalam bahasa pemrograman. Terdapat macam-macam bahasa pemrograman, dari
tingkat rendah seperti bahasa mesin sampai bahasa tingkat tinggi seperti
Pascal, C, Delphi dll. Setiap bahasa pemrograman memiliki kelemahan dan
kelebihan masing-masing. Tinggal peran programmer itu sendiri yang memilih
bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhannya.
Tentunya ada faktor lain yang perlu diperhatikan
dalam pemrograman, seperti efisiensi
dalam menuliskan source dan seberapa user
friendlynya program tersebut. Semua itu tentunya penting agar program
yang dibuat lebih berdaya guna dan memudahkan pengguna komputer.
1.2
Tujuan
Laporan
Laporan ini di buat dengan tujuan sebagai berikut :
1.
Mengenal dan memahami fungsi dasar dalam Bahasa C.
2.
Mengerti dan memahami header program Bahasa C.
3.
Dapat menggunakan fungsi-fungsi dasar pemrograman C.
1.3
Manfaat
Laporan
Laporan ini bermanfaat untuk :
1. Dapat
lebih mengenal apa itu pemograman?
2. Dapat
memahami dasar-dasar pemograman Bahasa C.
3. Dapat
mengerti cara membuat listing dalam pemograman Bahasa C.
4. Dan
dapat mengerti cara menjalankan pemograman Bahasa C.
BAB
II
LANDASAN TEORI
Dalam praktikum
ini digunakan bahasa pemrograman C, untuk itu dibawah ini akan diuraikan
beberapa teori dasar mengenai bahasa C sebagai berikut ini:
2.1.
Sejarah
Bahasa C
Bahasa C
diciptakan oleh Dennis Ritchie bersama dengan Brian Kernighan pada tahun
1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc. Bahasa ini mendapat sambutan dari
para programmer dan berhasil digunakan untuk menciptakan berbagai software baru
seperti VisiCalc, WordStar,Lotus dll. Bahkan system operasi UNIX juga
dilahirkan dari bahasa ini.
Bahasa
C dikatakan sebagai bahasa pemrograman terstruktur, karena strukturnya
menggunakan fungsi-fungsi sebagai subroutinenya(fungsi lain selain fungsi
utama). Subroutine ini ditulis setelah fungsi utama(main) atau diletakkan pada
file pustaka(library). Bila file pustaka ini akan dipakai dalam suatu
program, maka nama file headernya harus
dilibatkan dalam program menggunakan preprocessor directive
2.2.
Struktur
Bahasa C
Bahasa
C memiliki beberapa elemen dasar seperti:
1. Karakter
Mengacu
dari system standar kode internasional ANSI karakter yang dikenal didalam
bahasa C adalah karakter abjad/huruf, angka, dan simbol-simbol khusus.
2. Keyword
Keyword
adalah suatu kata yang memiliki makna dan fungsi tertentu, karena itu ia
disebut juga reserved word. Hampir semua keyword ditulis dalam huruf kecil.
3. Identifier
Identifier
dapat dikatakan sebagai suatu tempat untuk menyimpan
nilai. Identifier dapat diberi nama unik dan bisa memiliki tipe data.Ia dibagi
menjadi dua:
1.Konstanta: nilainya tetap selama program berjalan(dieksekusi),cara untuk
mengubahnya hanya melalui source code saja.
2.Variabel: nilainya dapat
berubah atau diubah selama program berjalan(dieksekusi).
Yang mengubahnya
hanyalah user atau proses.
4.
Tipe data
Merupakan pengelompokan
data yang digunakan untuk merepresentasikan jenis sebuah nilai yang terdapat pada program.
5.
Operator
Operator berkaitan erat
dengan kata operasi. Operator ditandai dengan sebuah atau beberapa simbol dan
kata.
6.
Punctuator
Punctuator adalah
simbol-simbol yang berkenaan sebagai tanda baca pada struktur penulisan bahasa
C.
Dibawah
ini adalah contoh program bahasa C:
#include <stdio.h>
int
main()
{
int a,b,c;
printf("Enter the first value:”);
scanf(“%d”,&a);
printf("Enter the second value:”);
scanf(“%d”,&b);
c = a + b;
printf("%d + %d = %d\n",a,b,c);
return 0
}
Dari contoh diatas dapat disimpulkan bahwa
struktur program bahasa C adalah:
1.
Adanya fungsi main. Suatu
program C minimal harus memiliki function main(), tanpa function itu maka program C tidak dapat dieksekusi tapi bisa dikompilasi.
2.
Lalu statement, Statement
adalah suatu baris instruksi/perintah tertentu. Statement menyebabkan suatu
tindakan akan dilakukan oleh komputer.
3.
Preprosessor Directive adalah
bagian yang berisi pengikutsertaan file atau berkas-berkas fungsi maupun
pendefinisian konstanta atau fungsi makro tertentu.
4.
Deklarasi variabel menyebabkan
komputer menyediakan tempat yang diberi nama (identifier) a, bdan
cdengan ukuran integer (2 byte = 16 bit).
5.
printf akan membuat komputer mengirim teks yang berada dalam fungsi
tersebut ke layar monitor, sedangkan scanf membuat komputer menanti
masukan dari pemakai melalui keyboard.
6.
Adanya proses. Pada program ini
akan dikerjakan proses aritmatika, yaitu proses memberi nilai (assignmentyang
dipakai tanda “=”) variabel “c”dengan nilai yang ada dalam variabel “a”ditambah
nilai yang ada dalam variabel “b”.
7.
Yang terakhir adalah proses mencetak
ke layar monitor dengan format yang sesuai.
8.
Selain function main()dapat ditambahkan function lain.
9.
Jika function akandiletakkan
disembarang tempat dari function main(), maka function tersebut harus
dideklarasikan terlebih dahulu sebelum function main()
2.3. Macam-macam
Pernyataan
Ada macam-macam pernyataan atau statement yang digunakan dalam
bahasa C. Pernyataan pernyataan itu diuraikan sebagai berikut:
a.
Pernyataan
Kosong(Null Statement)
Pernyataan ini merupakan yang paling sederhana, kita
hanya perlu menambahkan pengakhir titik koma(;) saja di bagian akhirnya.Tidak
ada tindakan yang dilakukan dalam pernyataan ini.
b.
Pernyataan
Ungkapan(Expression Statement)
Sementara pernyataan
yang ini dibentuk dari suatu ungkapan dan diakhiri dengan titik koma.
c.
Pernyataan
kendali(Control Statement)
Statement ini digunakan
untuk mengendalikan proses dari program, yaitu:
2.4 Penyeleksian kondisi (Percabangan):
1. If, case
dan switch
Fungsi if dapat dibagi menjadi
3 yaitu:
1. If tunggal:
If(kondisi)
{
Perintah benar;
}
2. If-else:
If(kondisi)
{
Perintah benar;
}
3. Nested if:
If(kondisi 1)
{
If(kondisi 2)
{
Perintah benar
kondisi 2;
}
Else
{
Perintah salah
kondisi 2;}
}
Else
Perintah salah kondisi
1;
2.5 Fungsi
Switch
Fungsi switch memiliki struktur sebagai berikut:
switch (ungkapan)
{
case nilai1: perintah jika
nilai1=ungkapan;break;
case nilai2: perintah jika
nilai2=ungkapan;break;
………
case nilaiN: perintah jika
nilaiN=ungkapan;break;
default:
perintah salah nilai 1 s/d N;
}
2.6 Lompatan(Perulangan):
Looping atau perulangan adalah pengulangan perintah perintah
sampai mencapai keadaan tertentu. Fungsi-fungsi perulangan dapat dibagi
menjadi:for, while, do-while, goto, break dan continue.
-
For:
Perulangan for digunakan untuk menghasilkan pengulangan beberapa
kali tanpa penggunaan kondisi apapun. Bentuk dasarnya adalah:
For(nilai awal;batas;pencacah)
{
Badan perulangan
}
-
While:
Perulangan while merupakan salah satu pernyataan yang berguna
untuk memproses suatu pernyataan atau beberapa pernyataan beberapa kali tanpa
diketahui pasti berapa kali perulangan tersebut akan dilakukan. Struktur umum
perulangan ini adalah:
Nilai awal;
While(batas)
{
Badan perulangan;
Pencacah;
}
-
Do while:
Mirip seperti while,hanya saja pada do while pernyataannya hanya
sekali dieksekusi. Bentuk umumnya adalah:
Nilai awal;
do
{
Badan perulangan;
Pencacah;
} while(batas);
-
continue-break:
Biasanya digunakan pada switch dan loop. Bila digunakan pada for
bentuknya adalah:
for(nilai awal;batas;pencacah)
{
If(batas) continue;
{ pernyataan;}
If(batas) break;
}
-
goto:
Bentuk umumnya adalah:
goto bawah;
Pernyataan1;
Pernyataan2;
bawah: pernyataan3;
2.7 Pernyataan
Jamak(Compound /Block Statement)
Pernyataan atau statement yang terdiri dari gabungan beberapa
statement tunggalyang ditulis pada posisi diantara tanda kurung
kurawal(“{”dan“}”)
2.8 Fungsi
1. Pengenalan
Fungsi dan parameter
Fungsi adalah suatu
kumpulan instruksi/perintah/program yang dikelompokkan menjadi satu,letaknya
terpisah dari program yang menggunakan fungsi tersebut, memiliki nama tertentu
yang unik, dan digunakan untuk mengerjakan suatu tujuan tertentu. Sementara parameter
adalah nama nama peubah yang dideklarasikan pada bagian header fungsi.Secara
harfiah, penulisan dalam bahasa C disusun secara modular. Bafhkan pada program
utamanya juga berbentuk modul. Secara umum bentuk fungsi C adalah sebagai
berikut:
Tipe_data nama fungsi (daftar_parameter)
{
Tubuh_fungsi;
}
2. Deklarasi
Ada dua cara untuk mendeklarasikan fungsi yaitu secara langsung
dan tidak langsung. Pada deklarasi langsung, fungsi ditempatkan diatas fungsi
main(). Sementara secara tidak langsung dapat dilakukan dengan menempatkan nama
prototype fungsi diatas fungsi main() dan implementasinya dibawahnya.
3. Parameter
Parameter bisa dilewatkan
kedalam sebuah fungsi dengan dua cara sbb:
1.Call by Value
1.Call by Value
Adalah suatu cara melewatkan sebuah nilai pada parameter.
2.Call by Reference
Adalah suatu cara melewatkan alamat sebuah variable pada sebuah
parameter. Untuk jenis parameter ini, perlu ditambahkan operator pointer yaitu
& atau * di depannya.
4. Rekursif
Rekursif adalah pemanggilan oleh dirinya sendiri. Oleh karena
fungsi bisa menghasilkan nilai balik, maka fungsi juga bisa memanggil dirinya
sendiri.
BAB
III
HASIL PRAKTIKUM DAN
ANALISA
3.1
Modul I Pengenalan Bahasa C
1.
- Listing
#include
<stdio.h>
#include<conio.h>
int
main()
{
int
c;
double
a;
float
b;
long
int x;
char
nama[15];
char
F;
printf("Masukkan
angka berdasarkan tipe data\n");
printf("Bilangan
Bulat (int):");scanf("%d",&c);
printf("Bilangan
Riil (float):");scanf("%f",&b);
printf("Bilangan
double:");scanf("%lf",&a);
printf("Bilangan
long Integer:");scanf("%li",&x);
printf("Bilangan
Karakter:");scanf("%s",&F);
printf("Masukkan
nama anda (string) : ");scanf("%s",&nama);
printf("\n
Tampilkan kembali yang anda input tadi\n");
printf("integer: %d\nLong
Integer: %li\nFloat: %f\nLong Float: %lf\nKarakter: %c\nString:
%s",c,x,b,a,F,nama);
return
0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Pada
program menjalankan inputan
data yang telah kita masukkan sesuai
dengan type datanya, pada bilangan bulat
integer kita inputkan datanya sesuai dengan
type data integer begitu juga dengan bilangan rill(float),bilangan double, dan
long integer, dan pada karakter kita memasukkan 1 karekter sedangkan pada
string kita bisa menginputkan data
sesuai dengan karakter yang kita berikan.
2.
Tugas1.1
-
Listing
#include<stdio.h>
int
main()
{
int
a,b,c;
printf("masukkan angka pertama :
");scanf("%d",&a);
printf("masukkan
angka kedua : ");scanf("%d",&b);
c=a+b;
printf("jumlah
angka yang anda input adalah %d",c);
return
0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program ini menjalankan penjumlahan inputan bilangan pertama dengan inputan bilangan
kedua.
3.
Tugas1.2
-
Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int nim;
char nama[20],alamat[20];
printf("\t\t\t Laboratorium
Pemograman\n");
printf("\t\t\tTeknik
Informatika Unimal\n");
printf("=====================================================================\n");
printf("NIM\t\t\t : ");
scanf("%i", &nim);
printf("\nNAMA\t\t\t : ");
scanf("%s", &nama);
printf("\nALAMAT\t\t\t :
"); scanf("%s", &alamat);
printf("=====================================================================\n");
printf("\nIDENTITAS ANDA
:\n");
printf(" NIM\t\t Nama\t\t
Alamat\n");
printf("=====================================================================\n");
printf(" %i\t %s\t
%s\t\n",nim,nama,alamat);
printf("=====================================================================\n");
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini menjalankan bilangan integer dan karakter yang di inputkan
dan menampilkannya kembali.
3.2
Modul
II Pernyataan
Kendali-Pengujian.
a.
Latihan
2.1
-
Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int a,c=10;
printf("Masukkan sebuah nilai :
"); scanf("%d",&a);
if(a<10)
{ printf("Nilai %d lebih kecil
dari %d\n",a,c); }
printf("Jumlah %d + %d =
%d\n",a,c,a+c);
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini akan menjalankan 2 perintah dibawah if jika angka yang diinput lebih kecil
dari 10 sedangkan angka yang diinput lebih besar dari 10 perintah yang
dijalankan hanya perintah yang kedua.
b.
Latihan
2.2
-
Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int a,c;
printf("Masukkan nilai angka
pertama : "); scanf("%d",&a);
printf("Masukkan nilai angka
kedua : "); scanf("%d",&c);
if(a<c)
{ printf("Nilai %d lebih kecil
dari %d\n",a,c); }
else
{ printf("Nilai %d lebih besar
dari %d\n",a,c); }
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini akan menjalankan perintah pertama jika angka yang diinput pertama lebih
kecil daripada angka yang diinput kedua, begitu juga sebaliknya akan dijalankan
perintah kedua jika angka yang diinput pertama lebih besar daripada angka yang
diinput kedua.
c.
Latihan
2.3
-
Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int a,b,c;
printf("Masukkan nilai angka
pertama : ");scanf("%d",&a);
printf("Masukkan nilai angka
kedua : ");scanf("%d",&b);
printf("Masukkan nilai angka
ketiga : ");scanf("%d",&c);
if(a>c && a>b)
{ printf("Angka %d terbesar
dari %d dan %d \n",a,b,c); }
else if(c>a && c>b)
{ printf("Angka %d terbesar
dari %d dan %d \n",c,b,a); }
else
{ printf("Angka %d terbesar
dari %d dan %d \n",b,c,a); }
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini akan menjalan perintah if pertama jika angka yang diinput pertama lebih
besar daripada angka yang diinput kedua dan ketiga, begitu juga dengan if kedua
jika angka yang diinput ketiga lebih besar daripada angka yang diinput pertama
dan kedua maka perintah yang akan dijalankan adalah perintah if kedua,dan jika
angka yang diinput kedua lebih besar dari angka yang diinput pertama dan ketiga
maka kedua perintah if diatas akan diabaikan dan dilanjutkan ke perintah yang
ketiga.
d.
Latihan
2.4
-
Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int a,b,c;
printf("Masukkan nilai angka
pertama : ");scanf("%d",&a);
printf("Masukkan nilai angka
kedua : ");scanf("%d",&b);
printf("Masukkan nilai angka
ketiga : ");scanf("%d",&c);
if(a>c)
{
if(a>b)
printf("Angka %d
terbesar dari %d dan %d \n",a,b,c);
else
printf("Angka %d
terbesar dari %d dan %d \n",b,c,a);
}
else if(c>a)
{
if(c>b)
printf("Angka %d
terbesar dari %d dan %d \n",c,b,a);
else
printf("Angka %d
terbesar dari %d dan %d \n",b,c,a);
}
else
{ printf("Angka %d terbesar
dari %d dan %d \n",b,c,a); }
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Progam
ini akan menjalankan perintah if pertama jika a>c dan akan dijalankan ke
kondisi a>b jika a>b maka akan
dijalankan perintah pertama dari if pertama dan jika a<b maka akan
dijalankan perintah kedua dari if pertama, begitu juga if kedua jika c>a dan
akan dijalankan ke kondisi c>b jika c>b maka akan dijalankan perintah
pertama dari if kedua dan jika c<b maka akan dijalankan perintah kedua dari
if kedua. Perintah yang ketiga apabila dihapuspun tidak apa-apa karena perintah
tersebut sudah ada pada if pertama dan kedua.
e.
Latihan
2.5
-
Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int a,b,c;
printf("Masukkan sebuah angka
antara 1 - 3 : ");scanf("%d",&a);
switch(a)
{
case 1:
printf("Anda memasukkan angka satu");break;
case 2:
printf("Anda memasukkan angka kedua");break;
case 3:
printf("Anda memasukkan angka ketiga");break;
default :
printf("Inputan salah, input angka 1 - 3");
}
return 0;
}
-
Analisa
Progam
ini akan menjalankan pernyataan satu jika pernyataan satu benar dan program
dihentikan, begitu juga dengan pernyataan dua dan pernyataan tiga, jika ketiga
pernyataan salah maka akan dijalankan pernyataan default.
f.
Latihan
2.6
-
Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
char unit;
int j;
printf("Anda Unit Apa ? (A/B/C)
: ");scanf("%c",&unit);
switch(unit)
{
case 'A':
printf("Apa jenis kelamin anda (L/P) ?\n");
printf("Angka
1 untuk laki-laki dan angka 2 untuk perempuan : ");
scanf("%d",&j);
switch(j)
{
case
1: printf("Anda dari Unit %c yang berjenis kelamin
Laki-laki",unit);break;
case
2: printf("Anda dari Unit %c yang berjenis kelamin
Perempuan",unit);break;
default : printf("Inputan jenis kelamin
salah");
}break;
case 'B':
printf("Apa jenis kelamin anda (L/P) ?\n");
printf("Angka
1 untuk laki-laki dan angka 2 untuk perempuan : ");
scanf("%d",&j);
switch(j)
{
case
1: printf("Anda dari Unit %c yang berjenis kelamin
Laki-laki",unit);break;
case
2: printf("Anda dari Unit %c yang berjenis kelamin
Perempuan",unit);break;
default : printf("Inputan jenis kelamin
salah");
}break;
case 'C':
printf("Apa jenis kelamin anda (L/P) ?\n");
printf("Angka
1 untuk laki-laki dan angka 2 untuk perempuan : ");
scanf("%d",&j);
switch(j)
{
case
1: printf("Anda dari Unit %c yang berjenis kelamin
Laki-laki",unit);break;
case
2: printf("Anda dari Unit %c yang berjenis kelamin
Perempuan",unit);break;
default : printf("Inputan jenis kelamin
salah");
}break;
default: printf("Inputan
salah, input unit A/B/C");
}
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini akan menjalankam pernyataan A jika pernyataan A benar dan akan dilanjutkan
ke ungkapan (J) dan jika pernyataan 1 benar maka pernyataan 1 yang dijalankan
dan program dihentikan begitu juga dengan pernyataan 2, dan apabila kedua
pernyatan tersebut salah maka akan dijalankan pernyataan default, begitu juga
dengan pernyataan B dan C, dan apabila pernyataan A,B,dan C salah maka
pernyataan default yang akan dijalankan.
D. Tugas
- Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int ps;
char u;
printf("Anda mau membeli susu
apa ? (NUTRILON/PROMIL/SIMILAC\n");
printf("1 untuk NUTRILON 2
untuk PROMIL dan 3 untuk SIMILAC : ");scanf("%d",&ps);
switch(ps)
{
case 1: printf("Anda
mau membeli susu dengan ukuran berapa ?\n");
printf("K
untuk Ukuran 400gr dan B untuk ukuran 900gr : ");
scanf("%s",&u);
switch(u)
{
case
'K' : printf("Anda Membeli Susu NUTRILON Ukuran 400gr dengan harga
Rp.77.000,-");break;
case
'B' : printf("Anda Membeli Susu NUTRILON Ukuran 900gr dengan harga
Rp.145.000,-");break;
default:
printf("Inputan Ukuran susu salah");
}break;
case 2:
printf("Anda mau membeli susu dengan ukuran berapa ?\n");
printf("K
untuk Ukuran 400gr dan B untuk ukuran 900gr : ");
scanf("%s",&u);
switch(u)
{
case
'K' : printf("Anda Membeli Susu PROMIL Ukuran 400gr dengan harga
Rp.45.000,-");break;
case
'B' : printf("Anda Membeli Susu PROMIL Ukuran 900gr dengan harga
Rp.90.000,-");break;
default:
printf("Inputan Ukuran susu salah");
}break;
case 3:
printf("Anda mau membeli susu dengan ukuran berapa ?\n");
printf("K
untuk Ukuran 400gr dan B untuk ukuran 900gr : ");
scanf("%s",&u);
switch(u)
{
case
'K' : printf("Anda Membeli Susu SIMILAC Ukuran 400gr dengan harga
Rp.90.000,-");break;
case
'B' : printf("Anda Membeli Susu SIMILAC Ukuran 900gr dengan harga
Rp.175.000,-");break;
default:
printf("Inputan Ukuran susu salah");
}break;
default :
printf("Inputan salah, Input angka 1/2/3");
}
return 0;
}
-
Hasil
Execute
-
Analisa
Program
ini akan menjalankan pernyataan 1 jika pernyataan 1 benar dan akan dilanjutkan ke ungkapan (u) dan jika
pernyataan K benar maka pernyataan K yang dijalankan dan program dihentikan,
begitu juga dengan pernyataan B jika pernyataan B benar maka Pernyataan B yang
dijalankan dan program dihentikan . dan apabila kedua pernyataan tersebut salah
maka pernyataan default yang akan dijalankan. Begitu juga dengan pernyataan 2
dan 3, dan apabila pernyataan 1,2,dan 3 salah maka pernyataan default yang
dijalankan.
3.3
Modul
III Pernyataan
Kendali-Perulangan
a.
Latihan
3.1
-
Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int i;
for(i=1;i<=10;i++)
{
printf("%d\t",i);
}
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini akan mengulang pernyataan nilai inisialisasinya sampai ke nilai kondisinya
dengan perubahan nilai ditambah 1 dan program akan dieksekusi selama kondisinya
terpenuhi.
b.
Latihan
3.2
-
Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int i,j;
for(i=1;i<=10;i++)
{
for(j=1;j<=10;j++)
{ printf("*");
}
printf("\n");
}
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini akan mengulang pernyataan nilai inisialisasinya sampai ke nilai kondisinya
dengan perubahan nilai ditambah 1 dan program akan dieksekusi selama kondisinya
terpenuhi,dan program akan melanjutkan
ke pernytaan selanjutnya yaitu nilai inisialisasinya akan diulang hingga sampai
ke nilai kondisinya dengan perubahan nilai ditambah 1 dan program akan
dieksekusi selama kondisinya terpenuhi dan program akan berhenti jika
kondisinya sudah tidak terpenuhi.
c.
Latihan
3.3
-
Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int i;
i=1;
while(i<=10)
{
printf("%d\t",i);
i=i+1;
}
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini akan mengulang pernyataan nilai inisialisasinya hingga nilai kondisinya
dengan perubahan nilai ditambah 1 dan pernyataan akan dijalankan apabila
kondisinya bernilai benar dan jika kondisi sudah bernilai salah maka perulangan
akan berhenti.
d.
Latihan
3.4
-
Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int i;
i=1;
do
{
printf("%d\t",i);
i=i+1;
}
while(i<=10);
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini sama seperti latihan 3.3, pernyataan akan dilaksanakan selama kondisi masih
dalam keadaan benar.
e.
Latihan
3.5
-
Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int i,j;
for(i=1;i<=10;i++)
{
if(i==4) continue;
{
printf("%d\t",i); }
if(i==8) break;
}
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini akan mengulang pernyataan nilai inisialisasinya hingga nilai kondisinya
dengan perubahan nilai ditambah 1, ketika nilai i = 4 program akan melanjutkan
nilai I sehingga nilai I menjadi 5 dan angka 4 tidak ditampilkan dan program
akan berhenti ketika nilai I = 8.
f.
Latihan
3.6
-
Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
printf("Pernyataan
Pertama\n");
goto bawah;
printf("Pernyataan
Kedua\n");
bawah : printf("Pernyataan
Ketiga");
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program goto ini melakukan pelompatan pernyataan
hingga pernyataan goto menemui
pernyataan yang berlebel dengan tanda ”:”
dan pernyataan yang dilompati oleh goto akan dilewati atau tidak akan
dijalankan.
H. Tugas1
- Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int i;
for(i=10;i>=1;i--)
{
printf("%d
",i);
}
}
- Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini akan mengulang pernyataan nilai inisialisasinya hingga nilai kondisinya
dengan perubahan nilai dikurangkan 1
dan pernyataan akan dijalankan apabila kondisinya bernilai benar dan jika
kondisi sudah bernilai salah maka perulangan akan berhenti.
H. Tugas2
- Listing
#include<stdio.h>
int main()
{
int i,j;
for(i=1;i<=4;i++)
{
for(j=i;j<=4;j++)
{ printf("*");
}
printf("\n");
}
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini akan mengulang pernyataan nilai inisialisasinya sampai ke nilai kondisinya
dengan perubahan nilai dikurangkan
1 dan program akan dieksekusi selama kondisinya terpenuhi,dan program akan melanjutkan ke pernytaan selanjutnya yaitu
nilai inisialisasinya akan diulang hingga sampai ke nilai kondisinya dengan
perubahan nilai dikurangkan 1
dan program akan dieksekusi selama kondisinya terpenuhi dan program akan
berhenti jika kondisinya sudah tidak terpenuhi.
H.
Tugas 3
-
Listing
#include
<stdio.h>
int main()
{
int a,b;
a=3;
b=8;
while(b>=3)
{
printf("%d\t",b);
b=b-1;
}
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Bilangan awal=8 adalah bilangan yang sudah ditentukan
sedangkan bilangan yang lain tampil karena bilangan awal yang dikurangi 1
setiap tahapnya hingga berhenti dinilai akhirnya=3 .
3.4
Modul IV Fungsi
_Deklarasi (Secara Langsung)_
-
Listing
int
kali(int angka_1,int angka_2)
{
return angka_1*angka_2;
}
int
main()
{
printf("hasil kali antara 2 dan
3 adalah",kali(2,3));
return 0;
}
-
Hasil
Execute
-
Analisa
Program
ini hanya menampilkan hal yang telah diinput secara langsung.
_Deklarasi (Secara Tak Langsung)_
-
Listing
1.
Array 1 Dimensi
-
Listing
int main()
{
int i,bil_bulat[5];
float bil_real[5];
char nama[20];
/* menginput array
bil_bulat,bil_ganjil */
for (i=0;i,i<5;i++);
{
printf("masukkan
bilangan bulat ke %d:",i+1);
scanf("%d",&bil_bulat[i]);
printf("masukkan
bilangan pecahan %d:",i+1);
scanf("%f",&bil_real[i]);
}
/* menginput array nama */
printf("masukkan nama anda
:");scanf("%s",&nama);
/*menampilkan isi array
bil_bulat,bil_ganjil*/
for(i=0;i<5;i++)
{
printf("bilangan
bulat ke %d: %d\n",i+1,bil_bulat[i]);
printf("bilangan
bulat ke %d: %f\n",i+1,bil_real[i]);
}
/* menampilkan array nama */
printf("nama anda :
%s",nama);
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini meminta inputan untuk bilangan bulat dan bilangan pecahan untuk urutan ke-6
dan meminta inputan nama dan memberi outputan berupa bilangan bulat dan
bilangan pecahan urutan ke-1 sampai ke-5 serta mengoutputkan nama yang telah di
input oleh user. Ini merupakan contoh array 1 dimensi.
2.
Array 2 Dimensi
-
Listing
int
main()
{
int i,j;
int matrikA[3][3],matrikB[3][3],matrikl[3][3];
/* menginput elemen dari matriks A
*/
for(i=0;i<3;i++)
{
for(j=0;j<3;j++)
{
printf("masukkan
elemen A[%d][%d]:",i+1,j+1);
scanf("%d",&matrikA[i][j]);
}
}
/* menginput elemen dari matriks B
*/
for(i=0;i<3;i++)
{
for(j=0;j<3;j++)
{
printf("masukkan
elemen B[%d][%d]:",i+1,j+1);
scanf("%d",&matrikB[i][j]);
}
}
/* menampilkan elemen dari matriks A
*/
printf("\n elemen dari matriks
A adalah:\n");
for(i=0;i<3;i++)
{
for(j=0;j<3;j++)
{
printf("%d\t",matrikA[i][j]);
}
printf("\n");
}
/* menampilkan elemen dari matriks
B*/
printf("\n elemen dari matriks
B adalah:\n");
for(i=0;i<3;i++)
{
for(j=0;j<3;j++)
{
printf("%d\t",matrikB[i][j]);
}
printf("\n");
}
/* opersi penjumlahan 2 matriks */
for(i=0;i<3;i++)
{
for(j=0;j<3;j++)
{
("matrikHasil
[i][j] = matrikA[i][j] + matrikB[i][j]");
}
}
/* menampilkan elemen dari matriks
hasil penjumlahan */
printf("\n matriks hasil penjumlahan
adalah:\n");
for(i=0;i<3;i++)
{
for(j=0;j<3;j++)
{
printf("%d\t",("matrikHasil[i][j]"));
}
printf("\n");
}
return 0;
}
-
Hasil Execute
-
Analisa
Program
ini meminta user untuk menginput bilangan-bilangan integer ke dalam katagori
matrik elemen A [1-3][1-3], B[1-3][1-3] dan C[1-3][1-3] lalu program ini
memberikan output untuk masing-masing elemen tersebut sesuai dengan matriknya
dan urutan elemennya.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Algoritma
dan Pemograman I merupakan ilmu yang sangat esensial dalam membuat program.
Pada mata kuliah praktikum algoritma dan pemograman I ini, bahasa pemograman
yang digunakan adalah bahasa C.
Pada
mata kuliah ini kami di tuntut untuk dapat menjalankan program yang listingnya
sudah diketahui dan pada beberapa tugas, kami juga dituntut untuk dapat membuat
listing sendiri sampai hasil executenya sesuai dengan soal dan dapat
menganalisa program yang sudah kami selesaikan.
Dan
inilah Laporan hasil praktikum algoritma dan pemograman I yang telah saya
selesaikan menurut kemampuan saya.
4.2 Saran
Saran
saya adalah dengan kurangnya sarana praktikum yang memadai seperti kurangnya komputer,
kurangnya tenaga pengajar saat praktikum membuat proses belajar-mengajar tidak
berjalan efektif dan efesien. Ini sangat berpengaruh pada potensi yang akan di
terima oleh mahasiswa/i Teknik Informatika Malikussaleh ke depannya. Oleh karena itu, semoga
pelaksanaan praktikum kedepannya akan lebih efektif dan efesien agar Teknik
Informatika Malikussaleh memiliki mahasisw/i yang memiliki potensi tinggi.
Semoga saran yang saya sampaikan bisa bermanfaat.
Daftar Pustaka
Rizal. 2010. Modul
Praktikum Algoritma dan Pemograman 1 Bahasa C. Lhokseumawe : Universitas
Malikussaleh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar