Senin, 10 September 2012

Pengertian S.Informasi

Apakah ‘DATA’ ? dan Apakah ‘INFORMASI’ ?


Seringkali kedua kata ini di ‘mis-persepsi’ kan


Data : Angka, Catatan, Keterangan dan lain-lain

yang diperoleh dari berbagai aktivitas

kegiatan statistik ataupun sensus; dikenal

sebagai ‘raw material of information’


Informasi : Hasil pengolahan data, secara analitis dan

secara inteligen sedemikian rupa sehingga

‘siap pakai’ dalam proses operasional dan

aktivitas manajemen; khususnya dalam

meminimalisasi ‘uncertainty ’.



PENGOLAHAN DATA, menghasilkan :


‘pemadanan’, klasifikasi, rekapitulasi, grouping, tabulation & cross-tabulation (distribusi frekuensi),


rata-rata hitung (mean/average), rata-rata ukur (geometric mean), standard deviasi (SD), Median, Kuartil, Desil, Persentil, pengurutan, pembuatan berbagai ‘pelaporan’, Uji Statistik & Epidemiologi,dll



PENGOLAHAN DATA, dapat dilakukan dengan :

üManual: melidi atau tally-mark

üMenggunakan Mesin Hitung / Calculator

üMenggunakan ‘Mesin Sortir’

ü‘Menghitung’ dengan ‘Computer’ à Lotus-123, Excel

ü‘Memerintah’ Computer (Computerization) à Program Application Development



SISTEM : merupakan kumpulan beberapa komponen atau


bagian yang terpadu (integrated element) serta


saling berinterksi untuk mencapai suatu tujuan


yang sama (common purpose/objective).


INFORMASI : merupakan hasil pengolahan data, yaitu kegiatan


yang dilakukan terhadap data yang diperoleh.


Informasi bersifat ‘siap-pakai’.(lihat definisi sebelumnya)

MANAJEMEN: segala kegiatan terkait dengan tugas manajer


dikenal sebagai ‘management functions’, POAC :


perencanaan (Planning), pengorganisasian (Orga- nizing), pelaksanaan (Actuiting) dan pengawasan


dan evaluasi (Controlling).

Kumpulan berbagai komponen: perangkat (hardwares & softwares), SDM serta berbagai prosedur yang terpadu dan terkait dengan penyediaan berbagai informasi yang dapat dan berguna bagi para pimpinan/manajer dalam melaksanakan fungsi manajemen, khususnya dalam kegiatan penyusunan rencana, kebijakan (policy) serta strategi dalam menjalankan usaha perusahaan, maupun dalam mendukung proses pengambilan keputusan yang terkait dengan pencapaian Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran organisasi/proyek.

 

Current (mutakhir, berupa hasil pencatatan paling terbaru)

Timely (tepat waktu, tersedia pada saat dibutuhkan)

Relevant (memiliki keterkaitan dengan pekerjaan)

Consistent (konsisten, ukuran dan periodesasi harus terjaga)

Presented in a Usable Form (disajikan dalam format yang tepat dan memenuhi keinginan pemakai).


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar